S1 Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNTAN

pbiologi@fkip.untan.ac.id

Program Studi Pendidikan Biologi

Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran Biologi Berbasis Augmented Reality (AR) Dengan Menggunakan Assemblr Edu Bagi Guru-Guru Di MGMP Biologi Kota Pontianak

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mengangkat tema “Pelatihan pembuatan Alat Peraga Pembelajaran Biologi Berbasis Augmented Reality (AR) dengan Menggunakan Assemblr Edu Bagi Guru-Guru di MGMP Biologi Kota Pontianak”. Pelatihan ini dilaksanakan pada 27 April 2024 di aula SMA Negeri 3 Pontianak. Kegiatan dibuka secara resmi oleh ketua MGMP Biologi Kota Pontianak yakni Ibu Ernita Rahmaniati, S.Pd. M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa di era serba digital ini, guru juga harus beradaptasi dengan teknologi agar dapat dimanfaatkan di dalam pembelajaran biologi. Oleh sebab itu adanya pelatihan pembuatan alat peraga berbasis Augmented Reality dengan aplikasi Assemblr Edu diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan baru bagi guru dalam membuat inovasi media pembelajaran berbasis digital.

Pelaksanaan kegiatan dilaksanakan melalui dua tahapan. Pertama diawali dengan penyampaian materi media pembelajaran inovatif terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan pembuatan alat peraga pembelajaran Biologi berbasis Augmented Reality (AR) dengan menggunakan Assemblr Edu.

A. Penyampaian Materi Pembuatan Alat Peraga Pembelajaran Biologi Berbasis Augmented Reality (AR) dengan Menggunakan Assemblr Edu

Sosialisasi dilakukan oleh dua orang dosen Program Studi Pendidikan Biologi sebagai pemateri dalam kegiatan ini, yakni Ibu Eko Sri Wahyuni, M.Pd. dan Ibu Anisyah Yuniarti, M.Pd.. Pada kegiatan sosialisasi ini, disampaikan beberapa hal terkait dengan media pembelajaran biologi yang inovatif dan pengenalan AR untuk pembelajaran biologi seperti yang terlihat pada gambar 1.

Gambar 1. Sosialisasi Materi Media Pembelajaran Inovatif dan Pengenalan AR

Melalui sosialisasi ini, diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan kepada peserta terkait media pembelajaran inovatif untuk pembelajaran biologi khususnya potensi AR yang bisa jadi alat peraga digital. Materi yang disampaikan meliputi pengertian, manfaat, jenis, potensi, dan teknik pembuatan alat peraga berbasis AR dengan menggunakan Assemblr EDU. Selain itu, pada tahap ini dilakukan pula demonstrasi pembuatan alat peraga berbasis AR dengan menggunakan aplikasi Assemblr EDU untuk memberikan gambaran kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya, yaitu praktik pembuatan alat peraga pembelajaran biologi berbasis AR.

B. Pelaksanaan Pelatihan Pembuatan Alat Peraga Berbasis AR dengan Assemblr EDU

Pada tahap berikutnya, setiap peserta diberikan kesempatan untuk mencoba membuat alat peraga berbasis AR dengan Assemblr EDU. Selama proses ini, dosen mendampingi guru-guru untuk membantu jika ada kendala dalam membuat alat peraga ini. Kegiatan pelatihan dapat terlaksana seperti pada gambar 2.

Gambar 2. Kegiatan Praktik Pembuatan Alat Peraga Berbasis AR dengan Assemblr EDU

Melalui pelatihan pembuatan alat peraga berbasis AR ini, diharapkan dapat memberikan pengetahuan dan keterampilan baru tentang pembuatan alat peraga digital untuk pembelajaran biologi dengan memanfaatkan aplikasi Assemblr EDU yang mudah digunakan oleh guru-guru biologi meskipun awam teknologi. Pada akhir kegiatan pelatihan ini, dihasilkan alat peraga berbasis AR yang dapat digunakan  untuk pembelajaran biologi seperti peraga alat gerak tubuh manusia, sel, jantung, sistem pencernaan dan lain-lain, seperti yang terlihat pada gambar 3.

Pada akhir kegiatan dilakukan dokumentasi foto Bersama untuk kegiatan pelatihan ini, seperti yang terlihat pada gambar 4.4. Selain itu seluruh kegiatan pelatihan juga terdokumentasikan melalui video yang telah diunggah di youtube prodi Pendidikan Biologi pada link berikut https://youtu.be/QBCj8jFfDjs .

Table of Contents