S1 Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UNTAN

pbiologi@fkip.untan.ac.id

Program Studi Pendidikan Biologi

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNTAN MELAKUKAN BENCHMARKING KE PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI FKIP UNS

Dalam rangka mempersiapkan Accreditation in Engineering Computer Sciencies Natural Sciences Mathematics (ASIIN), Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tanjungpura berkunjung ke Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret untuk melakukan benchmarking Akreditasi Internasional. Tim yang melakukan kunjungan kegiatan berjumlah enam orang terdiri atas ketua pelaksana kegiatan yakni Prof. Dr. Ruqiah Ganda Putri Panjaitan, S. Si., M. Si, Ketua Program Studi Pendidikan Biologi Dr. Afandi, M.Pd, Kepala Laboratorium Pendidikan Biologi Asriah Nurdini Mardiyyaningsih, S.Si, M. Pd, Ph. D, beserta dosen-dosen di Program Studi Pendidikan Biologi Dr. Kurnia Ningsih, M. Pd, Titin, S.Pd. Si, M.Pd dan Andi Besse Tenriawaru, S. Pd, M. Pd.

Kegiatan benchmarking ini berlangsung selama 7 hari dari tanggal 17-23 Oktober 2022 bertempat di Ruang Sidang 1 Gedung F FKIP dan ruang diskusi Prodi Pendidikan Biologi Gedung D Lantai 3 FKIP UNS. Pada pelaksanaannya Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Sebelas Maret menyambut baik kegiatan benchmarking ini dimana saat pembukaan kegiatan dihadiri langsung oleh Dekan FKIP UNS Dr. Mardiyana. M.Si, Ketua Program Studi Pendidikan Biologi Dr. Muzzazinah, M. Si, serta dosen-dosen Program Studi Pendidikan Biologi.

Tujuan dari Kegiatan benchmarking ini adalah dalam rangka mempelajari beberapa hal terkait dokumen yang perlu dipersiapkan oleh Prodi untuk akreditasi Internasional ASIIN serta visitasi sarana dan prasarana yang mendukung untuk persiapan akreditasi. Adapun beberapa materi diskusi diantaranya yaitu Penyiapan institusi fakultas, Persiapan UPM, Pengenalan ASIIN, Persiapan prodi dan mitra, Persiapan sapras, Persiapan visitasi non akademik, Penyusunan SAR kriteria 1, Penyusunan SAR kriteria 2, Penyusunan SAR kriteria 3, Penyusunan SAR kriteria 4, Penyusunan SAR kriteria 5 dan Penyusunan SAR kriteria 6.

Dalam kegiatan ini diperoleh informasi bahwa penilaian akreditasi lebih terfokus pada output dan outcome pembelajaran yang sesuai dengan standar internasional dan kesesuaian proses belajar serta sarana dan prasarana yang tersedia memadai untuk mencapai output dan outcome pembelajaran. Peran pimpinan universitas sangat penting dimana pimpinan universitas dan fakultas memiliki komitmen untuk siap menetapkan semua kebijakan, termasuk kebijakan anggaran, agar bisa memenuhi rekomendasi perbaikan ASIIN. Kegiatan benchmarking ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan persiapan Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Tanjungpura dalam persiapan akreditasi internasional ASIIN.

Table of Contents